Featured Video

https://www.youtube.com/watch?v=34yTdtm05H8



Ciri-ciri Umum Surat Makkiyyah Dan Surat Madaniyyah

Ciri-ciri surat Makkiyyah yaitu :
1. Ayat dan suratnya pendek-pendek dan nada serta perkataannya agak keras.
2. Banyak terdapat lafal sumpah.
3. Mangandung seruan pokok-pokok iman kepada Allah, hari akhir, dan menggambarkan keadaan surga dan neraka.
4. Menyeru manusia berperangai mulia dan berjalan lempang diatas jalan kebajikan, menetapkan fondasi-fondasi umum bagi pembentukan hukum syara’ dan keutamaan akhlak yang harus dimiliki anggota masyarakat.
5. Menuturkan kisah para Nabi dan umat-umat terdahulu serta perjuangan Nabi Muhammad dalam menghadapi tantangan-tantangan kelompok Musyrikin, serta mendebat orang-orang Musyrikin dan menerangkan kesalahan-kesalahan pendirian mereka.

Ciri-ciri surat Madaniyah yaitu :
1. Surat dan sebagian ayatnya panjang panjang serta menjelaskan hukum secara jelas dan menggunakan ushlub yang jelas pula.
2. Manjelaskan keterangan-keterangan dan dalil-dalil yang menunjukkan kepada hakikat-hakikat keagamaan. Seperti permasalahan ibadah, muamalah, hudud, bangunan rumah tangga, warisan, keutamaan jihad, kehidupan sosial, aturan-aturan pemerintah menangani perdamaian dan peperangan, serta persoalan-persoalan pembentukan hukum syara’.
3. Mengkhitabi Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani dan mengajaknya masuk Islam, menguraikan perbuatan mereka yang telah menyimpangkan Kitab Allah dan menjauhi kebenaran serta perselisihannya setelah datang kebenaran.
4. Mengungkap langkah-langkah orang munafik.

0 komentar:

Post a Comment

About Author

blog ini berisi materi pelajaran, khususnya pada saat ini kurikulum 2013
untuk contact person bisa hubungi 0857832893