Featured Video

https://www.youtube.com/watch?v=34yTdtm05H8

Muson adalah angin periodik yang terjadi terutama di Samudra Hindia dan sebelah selatan Asia. Muson mirip dengan angin laut, namun ukurannya lebih besar, lebih kuat dan lebih konstan.
Kata "muson" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Arab (mosem), yang berarti musim. Kata ini paling sering digunakan untuk merujuk kepada perubahan musiman arah angin di sepanjang pesisir Samudra Hindia, khususnya di Laut Arab, yang bertiup dari barat daya untuk setengah tahun dan dari timur laut untuk setengah tahun lainnya.
Muson terjadi karena daratan menghangat dan menyejuk lebih cepat daripada air. Hal ini menyebabkan suhu di darat lebih panas daripada di laut pada musim panas. Udara panas di darat biasanya berkembang naik, menciptakan daerah bertekanan rendah.
Lalu apa yang dimaksud dengan muson tropis?
Taukah kamu?
iklim muson tropis adalah iklim yang membawa bencana alam yang sangat tinggi dengan curah hujan yang tinggi,suhu yang tinggi dan kelembapan yang tinggi.
Masyarakat tentu mempunyai kerugian atau kekurangan jika tinggal di daerah dengan iklim musom tropis, misalnya : Banyak bencana ringan seperti gempa, tsunami, angin topan, dll. Masyarakat menjadi malas karena semua sumber daya sudah tersedia, Pada musim kemarau sering terjadi kekeringan yang panjang, Perubahan iklim ekstrim akibat pemanasan global, Terjadinya banjir karena debit air yang meningkat saat musim hujan, Mengakibatkan terjadinya kekeringan.
Meski begitu, masyarakat yang tinggal di daerah dengan ikli muson tropis tetap memiliki keuntungan, yaitu : Mudah mengelola peternakan,perkebunan,dan pertanian, Mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, Memiliki tanah yang subur, Curah hujan sangat tinggi sehingga cocok untuk pertanian, Menjadi tujuan wisata dari wilayah subtropics, Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil, Suhu rata - rata 27 derajat celcius, Flora dan Fauna yang berkembang dengan baik dan lebih beranekaragam, dan Memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

2 komentar:

About Author

blog ini berisi materi pelajaran, khususnya pada saat ini kurikulum 2013
untuk contact person bisa hubungi 0857832893